FK UNRI Jalin Kerja Sama Dengan Universitas Tottory, Jepang

FK UNRI Jalin Kerja Sama Dengan Universitas Tottory, Jepang

Awal agustus yang lalu, tepatnya tanggal 5 sampai 9 Agustus 2019, dua orang dosen FK UNRI, dr. Dewi Anggraini, SpMK dan dr. Dani Rosdiana, SpPD berkesempatan mengunjungi Fakultas Kedokteran Universitas Tottory, Jepang. Kunjungan ini bertujuan untuk penjajakan kolaborasi riset antar universitas di bidang antimicrobial resistance (AMR). Selain FK Universitas Tottory, selaku tuan rumah yang diwakili oleh Prof. Hiroki Chikumi, MD, PhD (Ketua Departemen Infeksi) dan Prof. Seiji Kageyama, MD, PhD (Vice Dean), juga turut hadir perwakilan dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Solo dan Universitas Udayana.

Pada pertemuan ini, dr. Dewi Anggraini menjelaskan juga dihasilkan protokol preriset penelitian dengan tujuan membandingkan resistensi antimikrobial antara kedua negara, pembuatan rancangan MOU UNRI – Universitas Tottory, serta peluang kerja sama di bidang lain seperti kesempatan untuk melanjutkan pendidikan doktoral (PhD) maupun fellowship.

Melalui kunjungan ini, kedua orang dosen FK Unri juga mendapat kesempatan mengunjungi RS Universitas Tottory, laboratorium, dan mempelajari sistem pengendalian & pencegahan infeksi, pengendalian resistensi antimikrobial serta surveilans AMR di Jepang.

Dokumentasi :