Dua Puluh Empat Dosen FK UNRI Raih Sertifikasi Good Clinical Practice (GCP) WHO-TDR

Dua Puluh Empat Dosen FK UNRI Raih Sertifikasi Good Clinical Practice (GCP) WHO-TDR

Setelah menjalani pelatihan selama 3 (tiga) hari, terhitung dari tanggal 24 hingga 26 juli 2019, sebanyak 26 orang peserta yang terdiri dari 24 orang dosen Fakultas Kedokteran UNRI dan dua orang peserta dari Fakultas Keperawatan UNRI mendapatkan sertifikasi Good Clinical Practice (GCP) oleh WHO-TDR. Pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Pangeran Pekanbaru ini merupakan hasil kolaborasi antara FK UNRI dengan Pusat Kedokteran Tropis, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM.

dr. Jarir At Thobari, Ph.D, selaku fasilitator, menjelaskan bahwa GCP merupakan suatu standar internasional terkait etik dan kualitas dalam melakukan uji klinis. Setiap peneliti yang akan melakukan uji klinis harus memahami dan tersertifikasi GCP.

Selama tiga hari pelatihan para peserta mendapatkan banyak pengetahuan terkait GCP, mulai dari esensi GCP, peran tanggung jawab komite etik, dokumen penting serta cara mereviewnya, cara membuat SOP, informed consent, manajemen data dan kualitas produknya, serta peran dan tanggung jawab dari sponsor dan peneliti, dll.

Semoga dengan adanya sertifikasi GCP ini dapat meningkatkan kualitas penelitian di FK UNRI, khususnya dalam melakukan uji klinis dan siap berkolaborasi dengan industri maupun institusi lain.