Dosen FK UNRI Ikuti Pelatihan di Taipei Medical University Taiwan

Dosen FK UNRI Ikuti Pelatihan di Taipei Medical University Taiwan

Dr. Darmawi, M.Biomed mendapatkan kesempatan berharga dapat mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh Internasional Master/PhD Program in Medicine, College of Medicine, Taipei Medical University (TMU), Taiwan. Kegiatan ini berlangsung selama 15 hari, dari tanggal 3 sampai 16 Januari 2019. Peserta workshop berjumlah 21 orang, berasal dari kalangan dokter, perawat, peneliti serta dosen dari Indonesia, Vietnam, dan Taiwan.

Workshop yang bertempat di Kampus Utama TMU jl. wuxing, Distrik Xinyi, Kota Taipei ini terdiri dari kuliah berseri mengenai metodologi uji klinik dan penelitian di bidang kanker, aplikasi praktek molekuler dan biologi sel, model hewan coba, pelatihan menulis serta etik penelitian. Peserta juga mendapat kesempatan melakukan praktek kunjungan di laboratorium baik di kampus maupun di tiga rumah sakit utama TMU, yaitu TMU Hospital, Shuang Ho Hospital and Wan Fang Hospital.

Pada sesi etika penelitian peserta juga diajarkan bagaimana menjadi penulis yang jujur tidak melakukan hal yang tidak etis seperti memanipulasi, mendaur ulang dan mengedit data serta self plagiarism. Selain itu peserta juga diperkenalkan dengan kultur Taiwan pada sesi tour ke salah satu daerah di Taiwan yang disebut dengan Pingxi dan Keelung city.

Dokumentasi :